Menerima Takdir

Takdir yang sudah Allah gariskan untuk kita memang tidak bisa diubah. Jika Allah menakdirkan hidup kita penuh cobaan atau ujian yang menurut kita begitu berat, mungkin itu memang sudah takdir kita dan terkadang rencana Allah itu penuh rahasia, bisa jadi apa yang sudah Allah takdirkan memang itu untuk kebaikan kita atau untuk dijadikan pelajaran dalam hidup. 

Sebagai manusia, sangat manusiawi jika kita merasa lelah dengan apa yang terjadi dalam hidup. terkadang kita merasa hidup kita paling menderita, bertanya-tanya kepada sang pencipta "kenapa ya Allah jalan hidupku seperti ini?" 

Tetapi, cobalah sesekali kamu keluar dan melihat dunia..... 
tahukah kamu diluaran sana ada seorang anak yang ditinggalkan kedua orangtuanya dan menjadi yatim piatu?
tahukah kamu ada satu keluarga yang menahan lapar seharian karena tidak ada uang?
dan tahukah kamu banyak diluar sana yang tidur dijalanan, mereka kedinginan, kelaparan dan terlantar?

Lalu, apa yang kamu khawatirkan? kamu tidak percayakah kebesaran tuhanmu? ingatlah kawan..... Allah SWT itu maha baik, maha mengetahui segala-Nya bahkan yang ada didalam hati hambanya pun Allah mengetahui. 

Saat ini yang harus dilakukan adalah "bersyukur" yaitu dengan mensyukuri ni'mat dan ujian yang tlah Allah berikan untuk kita. Kemudian, setelah bersyukur, kita harus "ikhlas" dalam menerima takdir atau ketetapan Allah.  Dalam hidup pasti akan selalu ada cobaan atau ujian, tidak selamanya hidup itu jalan lurus terus-menerus. Adakalanya Allah menguji hambanya supaya Ia tahu sejauh mana hambanya taat kepada-Nya. Hal sederhana yang harus kita syukuri adalah hari ini masih bisa bernafas, bisa makan enak, bisa berkumpul bersama keluarga dan masih bisa menikmati keindahan dunia. Dan belajar untuk mengikhlaskan apa yang sudah terjadi dalam hidupmu.
Sebagaimana telah tercantum dalam Al-qur'an surat Al-Hajj:70

أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِى ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۗ إِنَّ ذَٰلِكَ فِى كِتَٰبٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرٌ

Artinya: "Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi? Bahwasanya yang demikian itu terdapat dalam sebuah kitab (Lauhul Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah." (QS Al-Hajj: 70).

Jadi, kesimpulannya adalah bersyukur atas apa yang tlah Allah berikan kepadamu dan ikhlas akan ketetapan Allah mau seberat apapun ujian yang kamu alami. Allah maha baik dan yakinlah Allah SWT selalu ada untuk hambanya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tempat Wisata di Bandung Yang Hits dan Instagramable

Kehidupan Setelah Berkeluarga